Sabtu, 13 April 2013

aktifitas luar kelas outdoor


Aktifitas luar kelas
Jenis-jenis permainan jasmani untuk anak SD yang di OUTDOOR
ü Hulahoop
Team Building Games 
v  Pendahuluan dan persiapan
Games ini dapat dalam kelompok, dengan jumlah anggota kelompok 6-10 orang. Hulahoop yang digunakan bisa yang terbuat dari rotan atau dari tali / webbing yg dibuat melingkar dengan diameter 1-1,5 meter.
v  Petunjuk
  • Caranya hulahoop diletakkan di pundak salah satu anggota kelompok
  • Kemudian dengan didahului aba-aba, hulahoop tersebut harus berpindah dari satu anggota kelompok ke anggota yang lain sampai ke anggota keloompok yang terakhir,
  • Anggota kelompok boleh menggerakkan seluruh badan untuk membuat hulaoop tersebut bergerak,
  • Posisi peserta dapat dibuat melingkar atau berjajar atau berbaris ke belakang.
v  Larangan:
  • Webbing / hulahoop tidak  boleh dipegang atau digenggam oleh tangan anggota kelompok.
v  Variasi
  • Sebagai variasi, perpindahan hulahoop dapat dibuat satu arah atau bisa juga bolak-balik.
  • Jika menggunakan tali/webbing, dapat juga divariasikan dengan menggunakan 2 hulahoop yang harus berpindah berlawanan arah.
  • Untuk lebih meriah, permainan ini dapat dimainkan dalam format kompetisi dengan membentuk 2 atau 3 kelompok jika jumlah pesertanya mencukupi, dan mereka yang paling cepat yang menang.

ü Melipat Carpet
Team Building Games:  Folding Carpet
v Pendahuluan dan Persiapan
Games ini dimainkan dengan alat bantu sebuah karpet atau terpal plastik yang ukurannya 1 meter persegi untuk 8-10 orang. Ukuran karpet dapat disesuaikan dengan jumlah peserta yang akan ikut bermain maupun tingkat kesulitan yang ingin diberikan, lebih banyak peserta maka dibutuhkan karpet yang lebih luas.
v  Instruksi
  • Pertama, seluruh peserta diminta naik ke atas karpet dan
  • Setelah aba-aba dimulai mereka harus dapat membalik karpet tersebut
  • Kelompok harus bekerja sama dalam menemukan cara dan kemudian membalik karpet tersebut.
v  Target
Kelompok yang paling cepat membalik karpet dianggap sebagai pemenang.

v  Larangan dan Hukuman
  • Orang-orang yang berada di atas karpet tersebut tidak boleh turun ataupun menyentuh tanah.
  • Jika melakukan pelanggaran tersebut maka kelompok dianggap gagal melakukan tugasnya.
  • Hukuman atas pelanggaran tersebut dapat diberikan berupa pengurangan nilai atau potongan waktu.
v  Variasi
Games dapat dimainkan di dalam maupun diluar ruangan.

ü Permainan Benteng
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjlf5meKr4XNWfWyT5JTucLxbL-sXxvIZglYpZqUbKDW5X2QYBSrqt4HWVx1vEY6GrrlrIzwL9Fr9En7fo5YtYOPwForUuw4VMs0ihauPjMQfrGdrCd5LA327pAlLOBE2lxGD7eR7dRCmQ/s320/permainan-benteng.jpg
Permaina benteng adalah permainan yang dimainkan oleh dua grup, masing – masing terdiri dari 4 sampai dengan 8 orang. Masing – masing grup memilih suatu tempat sebagai markas, biasanya sebuah tiang, batu atau pilar sebagai ‘benteng’.
Tujuan utama permainan ini adalah untuk menyerang dan mengambil alih ‘benteng’ lawan dengan menyentuh tiang atau pilar yang telah dipilih oleh lawan dan meneriakkan kata benteng. Kemenangan juga bisa diraih dengan ‘menawan’ seluruh anggota lawan dengan menyentuh tubuh mereka. Untuk menentukan siapa yang berhak menjadi ‘penawan’ dan yang ‘tertawan’ ditentukan dari waktu terakhir saat si ‘penawan’ atau ‘tertawan’ menyentuh ‘benteng’ mereka masing – masing.






ü Kasti
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTkA8YFzKUfBjmycDft7h2GFbh6YZu3S3wDWzcAI2C2FVsW2Lx6nyMB0voZpp_Y5tZn6iZHJj-L4Vu0T2BhH8GeazPYndkLMOgcwV5_kGV6SLuQ3ZobrBqc4pXKZlVmOqaJDRGnUBScts/s320/kasti.JPG
Kasti atau Gebokan merupakan sejenis olahraga bola. Permainan yang dilakukan 2 kelompok ini menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu untuk disusun. Siapapun yang berhasil menumpuk batu tersebut dengan cepat tanpa terkena pukulan bola adalah kelompok yang memenangkan permainan. Pada awal permainan, ditentukan dahulu kelompok mana yang akan menjadi penjaga awal dan kelompok yang dikejar dengan suit. Kelompok yang menjadi penjaga harus segera menangkap bola secepatnya setelah tumpukan batu rubuh oleh kelompok yang dikejar. Apabila bola berhasil menyentuh lawan, maka kelompok yang anggotanya tersentuh bola menjadi penjaga tumpukan batu. Kerjasama antaranggota kelompok sangat dibutuhkan seperti halnya olahraga softball atau baseball.


ü Petak Umpet

Dimulai dengan Hompimpa untuk menentukan siapa yang menjadi “kucing” (berperan sebagai pencari teman-temannya yang bersembunyi). Si kucing ini nantinya akan memejamkan mata atau berbalik sambil berhitung sampai 25, biasanya dia menghadap tembok, pohon atau apasaja supaya dia tidak melihat teman-temannya bergerak untuk bersembunyi. Setelah hitungan sepuluh, mulailah ia beraksi mencari teman-temannya tersebut.
Jika ia menemukan temannya, ia akan menyebut nama temannya yang dia temukan tersebut. Yang seru adalah, ketika ia mencari ia biasanya harus meninggalkan tempatnya (base?). Tempat tersebut jika disentuh oleh teman lainnya yang bersembunyi maka batallah semua teman-teman yang ditemukan, artinya ia harus mengulang lagi, di mana-teman-teman yang sudah ketemu dibebaskan dan akan bersembunyi lagi. Lalu si kucing akan menghitung dan mencari lagi.
Permainan selesai setelah semua teman ditemukan. Dan yang pertama ditemukanlah yang menjadi kucing berikutnya.
Ada satu istilah lagi dalam permainan ini, yaitu ‘kebakaran’ yang dimaksud di sini adalah bila teman kucing yang bersembunyi ketahuan oleh si kucing disebabkan diberitahu oleh teman kucing yang telah ditemukan lebih dulu dari persembunyiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jgn lupa like dan komentarnya..